Rabu, 10 Februari 2016

Istri Wagub Aceh Gagas Konsep Pemberdayaan Ekonomi Mantan Pasien Jiwa dengan Beternak (bebek dan ikan)

Ny Marlina Muzakir Manaf saat kunjungan ke RSJ Aceh

BANDA ACEH - Istri Wakil Gubernur Aceh Ny Marlina Usman siang tadi melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Jiwa (RJS) Aceh.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat kondisi para pasien jiwa, dan sekaligus membangun kordinasi antar dinas terkait guna mencari solusi dan program yang akan dilakukan, untuk membantu perekonomian pasien jiwa mandiri yang sudah dinyatakan sehat.

Kepada Bisnis Aceh Ny Marlina Usman, atau akrab dipanggil Kak Na menuturkan, pada umumnya pasien jiwa yang sudah mandiri dan dinyatakan sehat, cenderung dapat kembali menjadi terganggu kejiwaannya akibat berbagai faktor.

"Karenanya saya ingin merencanakan berbagai program dan kegiatan yang nantinya dapat dijalankan pada mantan pasien RSJ mandiri," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa alternatif program pemberdayaan ekonomi yang nantinya akan dilaksanakan untuk membantu para pasien RSJ tersebut berupa paket bantuan hewan ternak, paket pertanian, perikanan dan traktor.

"Hewan ternak yang rencana kita bantu berupa ikan lele, nila, bebek, sedangkan ikan seperti nila dan lele," sebutnya.

Karena itu, sambungnya, langkah yang harus segera direncanakan oleh dinas terkait adalah meningkatkan skil dan melakukan pelatihan-pelatihan kepada para pasien RSJ Mandiri sebelum mereka benar-benar dipulangkan.

"Jadi setelah dinyatakan sehat, dan siap di pulangkan, mereka kita latih terlebih dahulu," tukasnya.

Sementara itu, Pemimpin Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh Amrin Rahim menyambut baik gagasan tersebut.

"Ini gagasan positif, dan harus kita respon dengan cepat," ujarnya.

Ia menerangkan, pada umumnya, pasien RSJ yang ada di Aceh merupakan masyarakat yang berada pada garis kemiskinan dan lemah secara ekonomi. "Karena itu program ini harus didukung," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar