Selasa, 08 Maret 2016

ITIK / BEBEK ASAHAN (SUMATERA UTARA), ADA YANG TAHU JENIS BEBEK INI ???

Beberapa waktu yang lalu, saya browsing di internet mengenai beternak bebek, akhirnya ketemulah artikel ini. Yang membuat saya penasaran adalah jenis bebek Asahan (sumatera utara), saya sendiri yang orang sumatera utara asli belum pernah melihat jenis bebek ini. Kalau memang bebek ini ada, kenapa tidak dikembangbiakkan oleh dinas peternakan setempat agar tidak punah?? Mohon informasinya bagi sesama pecinta bebek.

Beternak Bebek Petelur atau Pedaging, sebelumnya saya sudah menyampaikan ringkasan betapa besarnya peluang Berbisnis Ternak bebek nah, sebelum anda beternak bebek, untuk bebek petelur ataupun bebek pedaging. sebelumnya anda harus membaca ini ini sebagai wawasan agar tidak salah nantinya.
1. Seleksi Bibit
Bibit itik di Indonesia dibagi dalam duakelomok yaitu :
 Itik Lokal
  1. Itik Tegal (Tegal).Ciri-ciri : warna bulu putih polossampai coklat hitam, warna paruh dankaki kuning atau hitam.
  2. Itik Mojosari (Mojosari Jawa Timur).Ciri-ciri : warna bulu coklat mudasampai coklat tua, warna paruh hitamdan kaki berwarna hitam.
  3. Itik Alabio (Amuntai KalimantanSelatan).Ciri-ciri : badan lebih besardibandingkan dengan itik Tegal
  4. itik Asahan dikembangkan di TanjungBalai, Sumatera Utara
Itik Persilangan
2, Makanan Bebek ( Pakan)
jenis pakan atau makanan bebek bisa menggunakan sepeti  jagung, dedak padi, bungkilkedelai, bungkil kelapa dll.
Porsi Pakan bebek Antara lain sbb:
  • Umur 1 – 2 minggu 60 gr/ekor/hari.
  • Umur 3 – 4 minggu 80 gr/ekor/hari.
  • Umur 5 – 9 minggu 100 gr/ekor/hari.
  • Umur 10 minggu 150-180gr/ekor/har
3. Perkandangan.
  • Lokasi Kandang
    • Jauh dari keramaian.
    • Ada atau dekat dengan sumber air.
    • Tidak terlalu dekat dengan rumah.
    • Mudah dalam pengawasan.
  • Bahan kandang bisa terbuat dari kerangkakayu atau bambu, atap genteng danlantainya pasir atau kapur.
  • Daya tampung untuk 100 ekor itik :
    • Umur 1 hari – 2 minggu 1 -2 m.
    • Umur 1 – 2 minggu 2 – 4 m.
    • Umur 2 – 4 minggu 4 – 6 m
Mungkin Itu Hal–hal Yang harus Dipelajari Sbelum berternak bebek peterlur ataupun pedaging.

13 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. PRODUKSI KELOMPOK TERNAK
    KINANTAN
    Dusun I Desa durian kec. Pantai labu

    "Pakan bebek dan entok"

    Harga Murah, kualitas bagus.
    -Pakan ternak Usia 4 bulan keatas.
    1 karung 50kg (Petelur).
    -Pakan ternak usia 2 minggu - 4 bulan.
    1 Karung 50kg (Pertumbuhan).

    Bahan:
    Obatnya 2 macam bg, bundil sawit, dedak katul, tepung beras, tepung batu, menir kedelai, menir jagung, ikan dan roti.

    Hub. 085270605403

    BalasHapus
  3. Saya jg pernah mendengar dr bpk abdul wakhid selaku ketua divisi ternak itik nasional DPP HIMPULI. Beliau mengatakan bahwa itik asli sumatera utara adalah itik asahan atau bebek asahan, terakhir diternakkan di tanjung balai tahun 1980-an, setelah masuknya khaki campbel atau itik hibrida kerabang putih. Nyaris 75% peternak bebek sumatera utara mengganti dan membudidayakan bebek khaki campbel.prihatin, tp inilah yg terjadi, 1 ekor itik asahan hanya mampu menghasilkan 250 butir/ tahun, sementara khaki campbel mampu 330 butir/tahun. Jelas alasan ini lah khaki campbel merupakan itik petelur unggul. Tp seiring berjalannya zaman, konsumen jauh lebih tertarik dgn itik petelur hijau, jadi hanya tinggal itik jawan dan kalimantan saja yg masih terjaga kelestariannya.

    BalasHapus
  4. Mohon infonya agan2, saya lagi cari bebek petelur yg siap telur (usia 5 bulan) lokasi saya di labuhan batu utara, kalo ada hub. WA saya di 081288731978.

    BalasHapus
  5. Wa 082168295866 saya cari bibit bebek petelor

    BalasHapus
  6. Untuk daerah siantar ada gk y jual bibit bebek petelor.. Klo ada saya butuh.. Wa 082168295866

    BalasHapus
  7. Boleh gabung..
    Tertarik usaha bebek

    BalasHapus
  8. Ada gak yg jual bibit bebek ..klu ada tlng beri tahu saya..wa 087855192940.secepatnya

    BalasHapus
  9. мσнσи ιиfσиуα, ѕαуα ℓαgι иуαяι вєвєк υмυя 5 вℓии, ѕєкιтαя кαв. ρα∂αиg ℓαωαѕ... ѕυмυт.

    BalasHapus
  10. MOhon imfo nya saya butuh bibit doc bebek petelur yang lumayan banyak daerah singpang empat kisaran

    BalasHapus
  11. Saya butuh bebek petelur 4 ribu hub no saya 081237963208

    BalasHapus
  12. saya butuh bibit bebek petelur untuk di pematang raya. 085216088899charles

    BalasHapus
  13. Maaf sebelumnya saya mau tanya bang, apa ada pengepul ( pembeli) bebek petelur yang sudah tua?
    Biar ganti bibit bebek baru?

    BalasHapus