Rabu, 16 Maret 2016

PENGOBATAN PENYAKIT BERAK DARAH (COCCIDIOSIS) PADA BEBEK / ITIK


Apa itu Coccidiosis ??? Berak Darah !!! Kenapa bisa berdarah ??? Apa karena bebeknya minum darah ??? Hehehe............................
Ini dia tulisan dari para ahli : Avian Coccidiosis (koksidiosis) merupakan penyakit usus yang disebabkan oleh protozoa parasit Genus Eimeria (Allen dan Fetterer, 2002). Eimeria berkembang biak di saluran pencernaan dan menyebabkan kerusakan jaringan (Calnek dkk., 2001).



Coccidiosis. 
Coccdiosis adalah penyakit berak darah yang juga menyarang itik. Gejala itik yang diserang penyakit ini adalah kurang nafsu makan, berat badan menurun drastis dan akhirnya lumpuh. Penularan melalui kotoran itik yang membawa coccidia dan terjadi relatif cepat pada itik segala umur, tetapi yang banyak terserang adalah pada anak itik. Untuk pencegahan dan atau pengobatan penyakit C0ccidiosis dapat dipakai obat-obatan seperti: “furazolidone, nitrofurazone atau nicardbazin”. Obat-obatan tersebut dicampurkan kedalam pakan itik atau dilaturkan kedalam air minum. Untuk membantu kontrol penyakit Coccidiosis, berikan vitamin A dengan konsentrasi tinggi.

Bagaimana cara pengobatannya ??? Mudah, dan gampang, caranya hampir sama dengan cara : PENGOBATAN PENYAKIT FOWL CHOLERA !!! Cari sendiri artikelnya di blog ini, ayo di search !!!
Jangan malas kayak entok .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar