Jumat, 04 Maret 2016

PENYAKIT BROODER PNEUMONIA dan SNOT PADA DOD (Daily Old Duck) Bibit Itik/Bebek

Pemeliharaan pada masa bibit (stater) berpengaruh terhadap pertumbuhan itik/bebek kelak, jika anak bebek sudah terkena penyakit, maka pertumbuhannya pun kelak akan terganggu. Umumnya penyakit saluran pernafasan disebabkan oleh kepadatan kandang dan kotoran atau sisa makanan yang dibiarkan begitu saja, sehingga mengakibatkan amoniak naik.

Brooder Pneumonia.  Penyakit Brooder Pneumonia umumnya menyerang anak itik yang masih memiliki bulu-bulu halus. Penyakit ini disebabkan oleh karena kotak atau pelingkar triplek terlalu padat, lampu pemanas untuk induk buatan kurang panas sehingga anak itik kedinginanan merasa pengap. Tanda-tanda anak itik terserang penyakit ini adalah pembengkakan di kepala, pernafasan terlihat sulit dan mata selalu mengeluarkan air. Pencegahan terhdap penyakit ini pada anak itik dapat dilakukan dengan mengontrol kapasitas kotak atau pelingkar dan mengontrol panas induk buatan. Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian satu sendok teh baking soda dalam satu quart (1,136 liter) air minum selama 12 jam untuk mengurangi penyebaran penyakit.

Untuk menangani masalah tersebut, hal yang perlu diperhatikan adalah kepadatan kandang dan penggunaan lampu pemanas yang cukup. Untuk mengurangi amoniak dalam kandang, peternak dapat memberikan probiotik pada air minum, sehingga mengurangi kadar amoniak pada kandang. Hindari penggunaan vitamin dan antibiotik kimia secara berlebihan pada masa ini, sebaiknya menggunakan produk organik seperti Herbavit Plus atau Probiotik Broiler PHPMB yang bisa anda dapatkan di poultry shop terdekat di kota anda. Salam Kwak Kwek.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar