Jumat, 11 Maret 2016

PENGOBATAN PENYAKIT BEBEK/ITIK AKIBAT PEMBERIAN PAKAN BERJAMUR

Pemberian pakan ternak pada bebek atau itik merupakan salah satu keberhasilan dalam beternak. Pakan yang telah berjamur atau kadaluarsa dapat mengakibatkan kematian pada bebek/itik khususnya bebek Meri atau (DOD - Daily Old Duck) atau bibit bebek baru menetas (umur 1 hari).

Mycosis.
Penyakit “Mycosis” pada itik terjadi karena itik secara sengaja atau tak sengaja mengkonsumsi pakan yang sudah basi atau jamur yang tumbuh di lantai (litter) kandang itik. Itik yang keracunan jamur terlihat lesu, nafsu makan berkurang dan dalam beberapa hari berat badan merosot tajam. Bila tidak diketahui, itik akan mati dalam waktu seminggu. Pencegahaan hanya bisa dilakukan dengan pemeliharaan kesehatan dan kebersihan kandang yang baik. Lantai (litter) kandang secara berkala dijemur, diusahakan tidak lembab dan diberi kapur, terutama dimusim penghujan. Pengobatan penyakit Mycosis karena jamur bisa dilakukan dengan memberi antibiotika yang dicampurkan kedalam air minum atau pakan itik.

Cara terbaik adalah dengan pencegahan pemberian pakan yang masih baru khususnya pada DOD. Namun jika ada pakan yang telah berjamur atau kurang baik, maka dapat diberikan pada bebek remaja (grower) atau dewasa (petelur atau pedaging) dengan cara menyiramkan dengan air panas pada pakan yg telah berjamur. Hal ini sudah biasa dilakukan oleh para peternak yang sudah berpengalaman. Ada juga beberapa peternak memfermentasi pakan tersebut dengan menggunakan MIKROBA FERMENTASI PAKAN TERNAK. Jadi tidak perlu kuatir akan kesehatan ternak anda. Saran saya, perkuat imunitas bebek dengan pemberian suplemen bebek seperti Herbavit Plus atau bisa juga eengan Probiotik Broiler PHPMB. Salam Kwak.. Kwak....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar