Rabu, 09 Maret 2016

PENGOBATAN PENYAKIT FOWL CHOLERA (KOLERA) PADA ITIK

Pada dasarnya, bebek akan dapat hidup dengan sehat apabila memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Memperkuat daya tahan tubuh (imunitas) merupakan salah satu cara mengurangi angka kematian. Jadi saat bebek terkena serangan penyakit seperti Fowl Cholera akan mudah disembuhkan.

Fowl Cholera (kolera itik).
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri “Pasteurella Avicia”. Kandang yang basah serta lembab mempercepat penularan. Penyakit yang menyerang anak itik umur 4 minggu dapat menimbulkan kematian sampai 50%, sedang pada itik dewasa menimbulkan kematian kurang dari 50%. Gejala penyakit ini adalah: sesak nafas, pial bengkak, dan panas, jalan sempoyongan. Itik yang terserang penyakit kolera yang akut akan meratap dan mengeluarkan suara yang nyaring dan keluar dari kelompoknya. Keganasan penyakit ini dapat menyebabkan infeksi darah, dan itik akan mati secara mendadak. Pencegahan dapat dilakukan dengan vaksinasi Fowl Cholera. Pengobatan bagi itik yang terserang pada tingkat awal dapat digunakan obat Choramphenicol, Tetracycline atau Preparat-preparat Sulfat.

Berikut 3 (tiga) teknik jurus jitu yang dapat diterapkan untuk mengatasi atau mengobati penyakit fowl cholera :
1. Desinfeksi Kandang, dengan penyemprotan kandang akan membasmi bakteri pada lingkungan kandang penyebab penyakit kolera. Banyak jenis desinfektan, namun pilih yang paling ampuh, biasanya peternak beli desinfektan dari Maju Bersama Poultry Shop (ini linknya : www.majubersamaps.com)
2. Pemberian Antibiotik, bertujuan untuk membasmi bakteri penyebab penyakit didalam tubuh bebek, banyak jenis obatnya, tinggal minta pendapat saja sama majubersamaps.com (karena disana obat-obatan cukup lengkap.
3. Pemberian Multivitamin bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan. Nah, kalau ini saya percayakan pada herbavit plus, krn mengandung vitamin dan ada kandungan herbal yg cukup ampuh didalamnya.

Mudah kan Kwak ? !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar