Rabu, 04 Mei 2016

Kodim Latih Pengungsi Gunung Sinabung, Kab. Karo Beternak Bebek

(Analisa/didik sastra) PELATIHAN: Babinsa Kodim 0205/TK memberikan pelatihan beternak bebek kepada pengungsi Sinabung di Siosar.

Karo, (Analisa). Babinsa Kodim 0205/TK gencar memberikan pelatihan ternak bebek kepada pengungsi Gunung Sinabung yang direlokasi di Desa Siosar, Kecamatan Merek.

Pelatihan diberikan bekal masyarakat pengungsi mengolah potensi, yang sebenarnya memiliki nilai keuntungan finanscial selain pertanian, kata Dandim 0205/TK, Letkol Asep Sukarna pada Analisa, Senin (24/8).

Pelatihan ternak unggas diberikan kepada pengungsi, tujuannya meningkatkan atau menambah penghasilan masyarakat yang umumnya bermata pencaharian sebagai petani.

“Beternak bebek mudah dalam pemeliharaan dan perawatan, memberikan pakan cukup 2 kali sehari, dibuatkan kolam kecil untuk tempat berendam bebek dan juga tahan penyakit,“ kata Dandim.

Dalam berternak bebek ada 2 jenis, pertama ternak bebek siap bertelur, dalam memberikan pakan menggunakan pakan khusus dari pabrik, kedua ternak bebek penggemukan, cara memberikan pakan cukup diberikan sisa-sisa makanan ataupun diberikan dedak padi. Jika serius dilakukan keduanya sama-sama menghasilkan, ujarnya.

Mengenai pemasaran, hasil ternak mudah dan hasilnya banyak memberikan keuntungan dengan perhitungan 70 persen dari modal.

Dia mengatakan, pelatihan ternak bebek ini untuk kedepan dilaksanakan secara bertahap, serta diberikan 100 ekor bebek kepada tiap kelompok tani yang sudah menempati perumahan relokasi di Desa Siosar, Kecamatan Merek. (dik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar