Rabu, 25 Mei 2016

Harga Ayam dan Bebek di Pasar Lambaro Melambung di Jantho, Aceh

Jantho – Momentum Ramadhan 1435 H tak bisa dipungkiri selalu menjadi kesempatan emas bagi para pedagang. Termasuk pula para pedagang ayam dan bebek karena dua hal tersebut menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk menyambut megang. Syahrul, salah satu pedagang ayam di Pasar Lambaro menyebutkan kenaikan harga ayam pedaging sebesar Rp 6000 ribu per kilogramnya.

“Dari peternak kami membeli ayam potong Rp22.000 per kilogram dan kami menjual Rp 24.000 per kilogram. Sedangkan sebulan sebelum megang esok hari, harga jualnya berkisar Rp 18.000 per kilogram,” tutur Syahrul, pedagang ayam potong di pasar induk lambaro Kamis (26/6/2014).

Dijelaskannya lagi, pada dasarnya pihaknya sama sekali tak ingin memberatkan masyarakat dengan adanya kenaikan harga tersebut. Namun ada daya, tingginya permintaan ayam pedaging jelang megang membuat ketersediaannya terbatas. Akibatnya, para distributor ayam terpaksa menaikkan harga jualnya kepada pihak mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad pedagang ayam dan bebek di lokasi yang sama menyebutkan, kenaikan harga ayam kampung dan bebek lebih signifikan. Kenaikannya mencapai Rp 20.000.

“Harga ayam kampung mencapai Rp100.000 per ekor. Sedangkan sebelumnya harga jualnya berkisar Rp80.000,” jelasnya terheran-heran. 
Padahal dari informasi yang dia ketahui harga ayam kampung dan itik sangat murah harganya dari supplier bebek potong dan ayam kampung maju bersama di sumatera utara, pungkasnya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar