Senin, 09 Mei 2016

Distanak Blangpidie Abdya (Aceh Barat Daya) Salurkan Bantuan 2.700 Ekor Bebek

MedanBisnis - Blangpidie. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam sepekan ini menyalurkan 2.700 ekor bebek untuk 14 kelompok peternak yang ada di tujuh kecamatan.
Kabid Peternakan Distanak Abdya Irmansyah SP mewakili Kepala Dinas Ir Maswadi, kemarin di sela penyaluran bebek tersebut mengatakan, 14 kelompok tersebut tersebar di Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Setia, Tangan-tangan, Blangpidie, Susoh dan Jeumpa.

"Setiap anggota kelompok mendapatkan 20 ekor, 18 betina dan dua jantan. Kalau kelompok yang mendapatkan bantuan itu anggotanya lebih banyak, maka akan mendapatkan bantuan lebih banyak juga," kata Irmansyah.

Dia menjelaskan, anggaran untuk pengadaan bebek itu berasal dari dana Otsus tahun 2015 serta di supply oleh supplier bebek potong dan petelur dari maju bersama sei rampah. "Kami berharap supaya bebek itu tidak dijual, bantuan itu harus dipelihara dengan baik karena bebek yang diberikan itu sangat bagus untuk menghasilkan telur. Dengan demikian perekonomian penerimanya akan lebih baik," ujarnya.

Irmansyah menjelaskan, umur bebek yang disalurkan itu sekitar tiga bulan dan dalam keadaan siap bertelur kalau sudah disatukan dengan pejantan. Karena sebelumnya dipisahkan antara bebek betina dengan pejantan.

"Kami akan terus mengawasi setiap bantuan yang kami berikan ini. Karena kami tidak mau bantuan ini disalahgunakan oleh penerimanya. Jadi mulai dari penyaluran sampai pemeliharaan, akan terus diawasi dengan baik," sambungnya.
Ke-14 kelompok yang mendapatkan bantuan itu, lanjut Irmansyah, setahun lalu sudah mengajukan proposal kepada Pemkab Abdya yang diteruskan kepada Distanak, untuk diberikan bantuan sesuai permintaan. "Kami berharap kepada masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan serupa atau ternak lain, supaya mengajukan proposal kepada Pemkab Abdya," kata Irmansyah. (ck 12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar