Jumat, 10 Juni 2016

CONTOH PROPOSAL KELOMPOK TERNAK BEBEK DI Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pembangunan perternakan merupakan bagian integral dari pembangunan ekonomi dan masyarakat secara umum, menunjukkan bahwa sektor yang handal dan mampu bertahan dalam krisis serta berperan sangat besar dalam perekonomian nasional.

contoh logo kelompok ternak
 
Pembangunan perternakan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan demi tercapainya kesejahteraan peternak beserta keluarganya. Strategi pembangunan merupakan perpaduan pemerataan dan pertumbuhan secara berkesinambungan melalui pembangunan kelompok-kelompok dengan menerapkan cara distribusi dan pemasaran yang kelompok bisnis perternakan.

Untuk mencapai keberhasilan dari pembangunan dalam mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera atas dasar prakarsa masyarakat itu sendiri dan dilaksanakan berternak serta hasilnya untuk dinikmati.

Kondisi sumber daya alam mendukung usaha perternakan, ketersediaan lahan, air, dan sumber daya manusia sehingga usaha ternak bebek berpeluang untuk berhasil. Namun salah satu pembatas dalam pencapaian keberhasilan usaha perternakan yaitu permodalan yang terbatas.

Selain ketersediaannya lahan ada beberapa faktor yang mendukung lainnya, faktor pendukung tersebut, yaitu :
- Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan.
- Memberikan pendapatan/keuntungan yang cukup besar.
- Permintaan daging bebek selalu meningkat setiap bulan.
- Pemeliharaan tidak begitu sulit.
- Tidak memerlukan modal yang cukup banyak.
- Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak.
- Peluang pasar yang besar untuk pemasaran.
- Tidak memerlukan waktu yang begitu lama untuk setiap kali panen

Sehubungan kendala yang dihadapi oleh Pengusaha “ BERKAH ” bermaksud mengajukan proposal guna terpenuhinya kebutuhan bagi usaha ternak bebek yang terletak di Kampung baru Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara.

Tujuan
Tujuan dari pengajuan proposal ini adalah :
a. Untuk penambahan modal usaha ternak bebek.
b. Untuk mengembangkan sumber daya yang memadai pada sub sektor perternakan.
c. Untuk meningkatkan pendapatan.


Manfaat
Manfaat dari kegiatan ini seiring dengan sempitnya lapangan kerja yang tersedia maka dengan adanya program proposal merupakan angin segar yang menjadi sebuah alternatif keluar dari kemelut sulitnya mendapat pekerjaan, hal ini sangat berpengaruh secara signifikan terhadap masyarakat itu sendiri termotivasi untuk mengembangkan usaha dan dapat merubah pola pikir dari analogi mencari pekerjaan dapat menciptakan lapangan kerja, target minimal dapat mengembangkan usahanya sendiri.

Adapun kegunaan dari pengembangan ternak bebek di lhoksukon ini menjadi peluang media promosi yang berhasil melahirkan pengusaha – pengusaha muda yang berbakat.
Sedangkan bagi masyarakat, adanya kegiatan wirausaha ini dapat menggairahkan minat masyarakat bersama-sama untuk menciptakakan kota lhoksukon khususnya menjadikan ternak bebek sebagai hasil unggulan kerena mengingat letak geografis yang sangat mendukung dan menggugah perhatian pemerintah mengembangkan usaha ini sehinga dapat menyerap tenaga kerja yang ada, di samping meningkatkan produksi/hasil ternak dan pendapatan. Menjadi salah satu bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat dan bisa menambah pendapatan asli daerah.

Sasaran
Sasarannya adalah penguatan modal dapat tercapai usaha ternak bebek dengan nama “ BERKAH “ di Kampung Baru Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara.

Keadaan Usaha Ternak Bebek
(berikan gambaran usaha saat ini dan lampirkan foto)

Keadaan Umum
Kampung Baru Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara sebagian masyarakatnya adalah peternak Dengan demikian aspek teknis dengan tersedianya fasilitas Lahan, kolam dan sumber air serta infra struktur dengan lokasi yang mudah dijangkau.

Namun pada aspek non teknis yaitu dalam hal permodalan merupakan kendala dalam pengembangan usaha ternak bebek sehingga peternak belum mengarah pada kegiatan ekonomi pada skala bisnis.

Usaha ini bergerak pada ternak bebek yang berdomisili di Kampung Baru Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara telah mengusahakan Lahan seluas 50x60 m, kandang serta kolam.
Lokasi tempat usaha ini cukup strategis, hingga memungkinkan para konsumen mengetahui letak dari ternak bebek tersebut. Hal ini dapat mempermudah pengusaha ternak untuk memasarkan hasil panen. Selain itu lokasi ternak bebek dekat dari pasar sasaran.

Kebutuhan Modal Usaha
Pengembangan usaha ternak bebek di Kampung Baru Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara membutuhkan modal usaha.

Penutup
Dari apa yang tertuang di atas pada usaha ternak bebek memiliki prospek yang cukup baik dan menguntungkan serta dapat memberikan peningkatan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya kesejahteraan keluarga dapat meningkat.

Demikian proposal ini dibuat dan diajukan kepada yang terhormat Bapak Bupati Kabupaten Aceh Utara dari pengusaha ternak bebek “ BERKAH “ Desa Kampung Baru Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara memohon dapat berkenan serta mengabulkannya permohonan kami.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar