Rabu, 15 Juni 2016

Kuliner : Bebek Goreng Gurihnya Mantap Saat Disantap Dengan Sambal Ijo Teri dan Belacan Khas Medan

Kota Medan terkenal dengan sambal yang kaya akan rasa. Rasa pedas yang cukup membuat pipi memerah, dan rasa asin yang gurih menambah nafsu makan.

Tapi jangan salah, rasa asin tersebut bukan dari garam melainkan dari belacan dan taburan ikan teri.

Warung Bebek Pawito terkenal menyajikan santapan lauk dengan menawarkan sambal khas Medan yakni pilihan sambal belacan atau sambal ijo dengan taburan ikan teri.

Sambal belacan memiliki khas rasa udang yang pekat di lidah berbaur dengan rasa asin ikan teri yang dihaluskan.

Belacan yang menebar bau atau aroma yang khas, sedikit menyengat di hidung. Tapi ketika dicampurkan ke lalapan, aroma nyengat tersebut akan hilang.
 
Oleh sebab itu, setiap sajian menu pasti disajikan dengan lalapan berupa daun ubi rebus dan timun.

Ada juga pilihan sambal ijo dengan taburan ikan teri yang memberikan rasa asin garam bercampur asin gurihnya ikan teri dan rasa pedas cabai hijau. Lidah dibuat ketagihan melahap sajian, karena menambah nafsu makan.

Sambal yang ini juga tidak berbau, sehingga bagi pengunjung yang tidak suka sambal belacan, sambal ijo teri menjadi pilihan yang tepat.

Pengunjung bisa mencicipi lezatnya sambal tersebut dengan aneka jenis lauk, seperti bebek goreng, ayam goreng dan burung ruak goreng.
 
Bebek yang sudah dipotong terlebih dahulu dibersihkan kemudian direbus atau diungkep dengan menggunakan bumbu rempah-rempah alami.

Kemudian apabila daging bebek yang direbus tersebut sudah masak atau empuk maka daging burung tersebut sudah bisa untuk digoreng.

Menu bebek teri ijo khas Warung Bebek Pawito di Medan (Tribun Medan/ Silfa Humairah)

"Bebek Warung Pawito terkenal dengan rasa bebek yang gurih, lembut dan sambalnya yang buat ketagihan," katanya.

Irin, pengunjung, menuturkan kerap membawa saudaranya yang datang dari luar daerah untuk merasakan kelezatan sambal ijo taburan ikan teri dan sambal belacan di Warung Bebek Pawito.

"Di sini yang khas itu sambalnya sambal khas Medan. Rasa bebeknya juga gurih dan lembut. Ada juga menu sambal tempe yang tidak kalah enak, " katanya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar