Selasa, 07 Juni 2016

Distannak Abdya (Aceh Barat Daya) Salurkan Bantuan Ribuan Ekor Ternak Itik

Blangpidie – Abdya, Suara Indonesianews – Dinas Pertanian dan Pertenaan (Distannak) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan bantuan ternak Itik kepada empat belas kelompok di sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat. Senin (5/10).

Kepala Distannak Abdya, Maswadi SP.Mpd melalui Kabid Pertenakan Distannak Abdya, Irman SP kepada sejumlah wartawan disela-sela penyortiran ternak Itik dipusat penangkaran mengatakan, pihak Distannak pada tahun ini menyerahkan bantuan berjumlah 2.700 ekor bibit Itik.“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada petani Itik yang sesuai dengan visi dan misi pimpinan,”sebutnya.

Dijelaskan Irman, bantuan tersebut bersumber anggaran Otsus Kabupaten Abdya tahun 2015 pada plot anggaran Distannak Abdya,”Pembagian bantuan Itik ini disalurkan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Abdya setelah dilakukan cek oleh tim selektor dari Puskeswan Blangpidie.”terangnya.

Menurut Irman, Itik yang diberikan tersebut merupaan Itik dalam keadaan sehat dengan rata-rata usia Itik berkisar 3-4 bulan,”Ternak Itik yang kita serahkan berjenis kelamin jantan 270 ekor dan benih betina kita serahkan berjumlah 2.430 ekor serta diberikan pula herbal anti flu burung herbavit plus”sebutnya.

Pada kesempatan itu, Irman juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan sesuai dengan arahan Bupati Abdya, supaya bantuan tersebut dapat dipergunakan sebagai mana mestinya,”Apabila ada kelompok yang menerima bantuan ini lalu menjualnya itu akan kita berikan sangsi,”tegasnya.

Lebih lanjut Irman mengatakan, pihaknya siap memberikan bantuan dalam proses penetasan telur Itik-Itik tersebut di Puskeswan Blangpidie tanpa dipungut biaya dengan mesin tetas yang dimiliki dinas tersebut yang diperoleh dari salah satu supplier alat peternakan maju bersama di sei rampah, sumatera utara,”Bila ada masyarakat ataupun kelompok yang ingin mengembangbiakan Itik bisa datang ke Puskeswan untuk menetasan telur-telur Itik gratis,” pungasnya. (N)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar