Rabu, 06 April 2016

DOD BIBIT ITIK (BEBEK) HIBRIDA ALABIO di Sei Rampah, Sumatera Utara

PENDATANG BARU PENGHASIL TELUR BEBEK TERBAIK

Baru-baru ini saya mendapati jenis itik baru di wilayah Medan dan sekitarnya, ya itik ini hanya diproduksi oleh maju bersama poultry shop yg berlokasi di sei rampah, sumatera utara. Untuk mendapatkan bibitnya saja harus perlu antri beberapa minggu. Informasi yang saya peroleh langsung bahwa itik ini merupakan persilangan bebek alabio dengan bebek lokal lainnya. 
Dari hasil pemeliharaan kabarnya itik jantan ini mampu mencapai bobot 1,5kg dalam masa pemeliharaan 50 hari, sedangkan untuk itik betina kabarnya mulai produksi telur mulai umur 4,5 bulan. Cukup cepat bila dibandingkan dengan itik jenis lainnya. Peternak di wilayah sumatera utara sudah mulai banyak yg mengganti jenis ini agar produktivitas dapat dicapai baik untuk menghasilkan daging maupun telur.
Silahkan dicoba nek coyo !!!

Potensi itik di Indonesi cukup besar, terbukti dari terdapatnya berbagai jenis itik lokal yang sangat bervariasi, baik karena pengaruh kemampuan genetik maupun karena pengaruh lingkungan. Untuk meningkatkan produktivitas itik lokal sekaligus menghasilkan bibit itik yang mempunyai kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan telah diadakan serangkaian penelitian di Balai Penelitian Ternak. Penelitian diarahkan pada evaluasi kemampuan produksi berbagai jenis itik lokal dan akhirnya diperoleh galur itik hasil persilangan dari Itik Mojosari dan Itik Alabio yang oleh peternak itik disebut Itik Ratu untuk jenis petelur unggul dan Itik Raja sebagai itik pedaging. Itik MA ini diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan berpotensi sebagai bibit niaga penghasil telur dangan sistem terkurung.

Sistem Produksi Itik
Kelompok itik Mojosari dan Itik Alabio sebagai bibit induk perlu mengalami proses seleksi lebih dahulu untuk memantapkan produktifitasnya. Persilangan diantara bibit ini dipakai untuk menghasilkan itik niaga MA dengan segala keunggulannya. Persilangan itik dilakukan dengan teknik inseminasi buatan (IB) ataupun kawin alami. Itik yang dipergunakan adalah Itik Mojosari jantan umur 7 – 8 bulan dan itik Alabio betina umur 6-7 bulan.

Pakan
Pakan yang diberikan dapat dibuat sendiri atau diperoleh dalam bentuk konsentrat dari toko makanan ternak yang selanjutnya dicampur dengan sumber energi (misalnya dedak dan jagung) untuk memenuhi kebutuhan gizi itik.

Keunggulan itik MA (Mojosari x Alabio) :
Umur pertama bertelur lebih awal
Produksi telur lebih tinggi
Konsistensi produksi lebih baik
Pertumbuhan lebih cepat
Anak jantan dapat dijadikan itik pedaging

sumber: http://balitnak.litbang.deptan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar